YUK RAKIT PC

YUK RAKIT PC

#MENDINGRAKITPC


Mungkin tagar ini sekarang lagi booming di sosial media bukan. wkwkwk, nah kali ini saya akan membahas rakit pc idaman kalian2 yang membutuhkan referensi pc dan tata cara perakitannya sesuai kebutuhan budget kalian juga.

sebelum membeli atau merakit pc , biasanya kalian harus meneliti dulu pc apa yang akan kalian rakit. jika untuk gaming ya berari pilihlah komponen yang kuat bermain game. disini saya akan memeberi tips rakit pc gaming untuk umat kere hore wkwkw.

pertama itu lihat referensi di youtube dan google mengenai komponen pc yang kuat namun murah disini saya akan mencontohkan memakai intel core i5 3570 dengan vga cardnya gtx 1050 ti. lalu kalian lihat referensi di youtube bagaimana performa pc ini saat bermain game. nah jika kalian memilih prosesor tersebut. maka kalian lihat porsesor itu soket berapa?. intek core i5 3570 itu soket lga 1155. berarti anda harus mencari motherboard yang bersoket lga 1155. ada beberapa jenis chipset (varian) yaitu h61b75 dll.

nah setelah memnentukan motherboard, prosesror, dan vga. lalu tentukan ramnya. cara menentukan ram yaitu yang supprot kecepatannya dengan prosesor dan motherboard. misal core i5 3570 itu support ram ddr3 1333mhz dan 1600mhz namun motherboardnya cuman 1333mhz berarti pilih yang 1333mhz kalau motherboardnya support 1333mhz dan 1600mhz disarankan 1600mhz krn lebih tinggi performa.

lalu setelah itu pilihlah powersupply yang memumpuni hasil rakitan kalian. dan jangan lupa juga fan prosesor dan fan kasing supaya pc anda lebih adem saat digunakan bermain game.

oke lanjut ke tahap perakitan ,


pertama masukkan prosesor di socket motherboardnya lalu kunci dengan pengunci socket dan berikan pasta prosesor, lalu tempelkan kipas prosesornya ke prosesor. bagi yang memiliki water coolling juga bagus untuk mendinginkan prosesor.

kedua pasangkan ramnya lalu masukkan motherboard ke kasing.

ketiga pasanglah kipas fan dan aio watercooller(jika ada)

masukkan powersupply(powersupply juga bisa dimasukkan duluan ke kasing ya tmn2)

lalu masukkan penyimpanan anda baik itu ssd sata ataupun hardisk, lebih baik anda combinasikan ssd untuk penyimpanan sistem dan hardisk untuk data2 video, game dll

lalu colokkan kabel2 sesuai pasangannya seperti kabel audio, kabel powersupply, kabel sata, power sata, power on , reset, led power dll

masukkan vga cardnya jika memiliki colokan power tambahan pada vga colokkan kabel powernya ke vga. baisanya itu 6pin power

lalu rapikan kabel2 nya. biasa ini di sebut "cable management"

dan pasang cover kasingnya. dan coba test pc hidup atau tidak. jika hidup silakan di instal windows. 


sekian rekan2, bagaimana?. untuk lebih lanjutnya rekan2 bisa melihat tutorial rakit pc di youtube ya. disana banyak rekan2 techtuber yang suka merakit - rakit pc tmn2.


lalu untuk instalasi windows biasanya ada 2 metode. yang pertama melalui CD/DVD yang kedua melalui usb. dalam hal ini kita akan menggunakan usb

pertama masukkan file iso windowsnya ke flashdisk menggunakan rufus. lalu pilih format MBR/GPT. ini sangat penting karena setiap laptop atau pc kalian harus tau disk kalian itu berformat GPT/MBR. lalu setelah masuk file isonya di flashdisk restart pc anda.

yang kedua masuk ke menu bios. setiap pc dan laptop memiliki tombol bios yang berbeda. lalu masukklah ke setting boot menu. jika terdektesi usb anda maka pilih booting melalui usb

selanjutnya jika sudah masuk di Menu setup windowsnya kalian pilih bahasa, waktu dan input keyboardnya. setelah itu jika memiliki lisensi windows silakan masukkan. jika tidak pilih " i dont have a licensi "

setelah itu pilih custom instalation. lalu kalian custom penyipanan kalian sesuai keinginan dan kapasitas hardisk kalian. 

lalu pilih next dan tunggu instalasi selesai.


link dibawah ini ya 

https://www.youtube.com/results?search_query=tutorial+rakit+pc

link untuk tutorial installasi windows  <--- klik disini teman2


Komentar